Pemanfaatan Kulit Kacang ...

Photo

Status
on

Price (Rp)
49000

Discount (%)
10


Penulis: Evy Diah Woelansari, dkk.
ISBN: 978-602-1261-38-5
Dimensi: 12 x 23 cm
Jumlah Halaman: 48
Penerbit: Ilmi
Terbit: Januari 2022
Format: Soft


Sinopsis
Penyakit tidak menular adalah penyakit jantung, stroke, hipertensi, diabetes, asma, hingga penyakit ginjal kronis. Penyebab terbanyak penyakit tidak menular salah satunya konsumsi tinggi gula, garam, lemak jenuh, dan asam lemak trans. Dampak yang ditimbulkan dapat berpengaruh terhadap kesehatan jangka panjang, sehingga dibutuhkan diagnosis serta penyuluhan tentang pemantauan pemeriksaan terkait penyakit tidak menular.

Kulit kacang tanah (Arachis hypogaea L.) secara empiris telah dimanfaatkan untuk menurunkan kadar kolesterol darah. Kandungan kimia kulit kacang tanah seperti polifenol, saponin, dan serat diduga memiliki aktivitas yang berhubungan dengan dislipidemia.

Kulit kacang tanah dalam ekstrak etanol mengandung senyawa flavonoid sebesar 259,93 mg/g. Flavonoid dapat digunakan sebagai obat untuk penyakit hiperurisemia dengan cara menurunkan konsentrasi asam urat. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa pemberian ekstrak kulit kacang tanah 10% terhadap mencit diabetes aloksan dapat menurunkan gula darah secara signifikan.

Berdasarkan hal tersebut, perlu penerapan pemanfaatan kulit kacang tanah (Arachis  hypogaea  L.) sebagai bahan alami dalam menurunkan kadar kolesterol, asam urat, dan glukosa darah dengan membuat puding kulit kacang yang disosialisasikan dalam bentuk penyuluhan dan pemeriksaan pada pengabdian masyarakat di Warga RT 09 RW VIII Kelurahan Mojo Kecamatan Gubeng Surabaya.

Jadi Reseller

Kami terbuka bagi siapa saja yang berminat untuk turut serta menjadi bagian dari mata rantai penjualan buku-buku kami.

Kirim Naskah

Anda punya naskah yang siap untuk diterbitkan? Kami menerbitkan berbagai genre buku. Semua pasti terbit!

Kontak Kami

Bila ada perihal yang hendak Anda tanyakan—sebab barangkali informasi di sini dirasa belum lengkap, jangan segan untuk menghubungi kami.

×


×

Pemanfaatan Kulit Kacang ...

*Subtotal:
*%20

*Belum termasuk ongkos kirim


Lanjutkan